Drainase dan Rumput Si Jalak Harupat Beres, Erick Thohir Dorong agar Lolos Verifikasi

- Sabtu, 11 Maret 2023 | 21:00 WIB
Ketua Penyelenggara FIFA U20 World Cup 2023, Erick Thohir mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Sabtu (11/3) sore.
Ketua Penyelenggara FIFA U20 World Cup 2023, Erick Thohir mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Sabtu (11/3) sore.

BANDUNG, LARAS POST - Ketua Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Soreang, Bandung, pada Sabtu (11/3) sore.

Ia meninjau langsung aneka fasilitas stadion yang rencananya akan dipakai menghelat Piala Dunia U-20 2023 tersebut. Ia mengingatkan agar pelaksanaan renovasi bisa kelar sesuai jadwal, sehingga FIFA bisa terpuaskan saat melakukan verifikasi.

Momen ini jadi kunjungan kedua Erick di hari yang sama. Sebelumnya ia mendatangi Palembang. Dalam peninjauan di Kabupaten Bandung, pria kelahiran 30 Mei 1970 itu didampingi Menpora, Zainuddin Amali, Ratu Tisha (Wakil Ketua Umum PSSI), tim dari Kementerian PUPR, sejumlah anggota exco, serta panitia LOC ajang nomor dua terbesar FIFA itu.

Baca Juga: Tinjau Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Erick Thohir: Kondisinya Baik dengan Sedikit Catatan

Erick melakukan inspeksi ke sejumlah titik, antara lain: ruang ganti pemain dan perangkat pertandingan, media center, ruang konfrensi pers, area parkir, hingga lapangan pertandingan serta infrastruktur pendukung lainnya. Secara detail ia ingin memastikan kesiapan venue, mengingat pada 21-27 Maret 2023 pihak FIFA bakal melakukan verifikasi ulang.

“Kita hadir ke sini karena peduli ingin memastikan ada pendamping dan ada hal-hal yang tidak diinginkan, kita bisa perbaiki kekurangan-kekurangan sedini mungkin. Pada 21-27 Maret ketika FIFA hadir. Pada saat itu akan terasa lebih sulit buat kita. Maka kami bersungguh-sungguh di sini untuk mendukung Pemda. Dan tentu saja apa yang sudah dilakukan pemerintah pusat, untuk memastikan enam stadion, salah satunya kebanggaan kita, Si Jalak Harupat yang jadi kebanggaan warga jabar, jangan jadi sia-sia karena stadion ini akhirnya dicoret FIFA tak lolos verifikasi,” kata Erick.

Baca Juga: Erick Thohir Segera Tinjau Infrastruktur Piala Dunia U-20 di Enam Kota

Kabar bagusnya kondisi rumput lapangan pertandingan yang awalnya bermasalah, disebut tim dari Kementerian PUPR yang terparah di antara 6 stadion calon penyelenggara pertandingan, kini sudah dalam kondisi siap pakai.

SJH menjadi salah satu stadion yang dipilih untuk pertandingan Piala Dunia U-20 yang dijadwalkan terselenggara 20 Mei-11 Juni. Event akbar yang diikuti 24 negara itu rencananya akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Sebelum kunjungan Erick, ada sejumlah pekerjaan rumah yang wajib dibereskan di stadion tersebut. Yang paling krusial problematik drainase. Pihak Kementerian PUPR dan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung sudah melakukan perbaikan untuk memastikan tidak ada genangan air saat hujan datang. Dalam sejumlah uji coba, permasalahan satu ini sudah teratasi. Pengerjaan infrastruktur penunjang masih berproses, akhir Maret ini diyakini kekurangan yang ada sudah bisa dibereskan.

Baca Juga: Diluncurkan Erick, Merchandise Piala Dunia U-20 Andalkan Produk Lokal

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Ketika Kita Sulit Memisahkan Politik dan Olahraga

Minggu, 26 Maret 2023 | 18:23 WIB

Timnas U-20 Indonesia Tersingkir

Selasa, 7 Maret 2023 | 23:46 WIB
X